Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Sorong 2021
Nomor Katalog : 1399013.9107
Nomor Publikasi : 91070.2135
ISSN / ISBN : -
Tanggal Rilis : 2021-12-23
Ukuran File : 1.46 MB
Abstraksi
Undang-undang RI Nomor 25
Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik mengatur bahwa setiap penyelenggara
pelayanan publik berkewajiban untuk melaksanakan evaluasi terhadap kinerja pelaksana
pelayanan publik. Salah satu bentuk evaluasi ini diwujudkan melalui
penyelenggaraan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) sebagaimana yang diatur dalam PermenpanRB
Nomor 14 Tahun 2017. Badan Pusat Statistik (BPS), sebagai salah satu
penyelenggara pelayanan publik yang
menyediakan data dan informasi statistik, senantiasa selalu
berusaha memberikan
pelayanan prima kepada konsumen. BPS telah menyelenggarakan
SKM secara rutin tiap tahun yang diintegrasikan ke dalam Survei Kebutuhan Data
(SKD). Survei ini selain bertujuan untuk mendapatkan persepsi kepuasan konsumen
terhadap pelayanan data BPS, juga bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan
data dan persepsi kepuasan konsumen terhadap kualitas data yang dihasilkan BPS.Pada tahun 2021, SKD
dilaksanakan di 515 satuan kerja BPS yang terdiri dari BPS Pusat, 34 BPS
Provinsi, serta 480 BPS Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Hasil dari
pelaksanaan SKD 2021 salah satunya disajikan dalam publikasi dengan judul
“Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS 2021” sebagai bentuk laporan dari
penyelenggaraan SKD. Publikasi ini memberikan penjelasan secara deskriptif
mengenai performa unit layanan, perilaku anti korupsi, kebutuhan data, serta
kepuasan konsumen terhadap kualitas data BPS. Penyajian data ditampilkan dalam
bentuk tabel, grafik, dan infografis. Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) dan Indeks
Persepsi Anti Korupsi (IPAK) merupakan indikator utama yang disajikan dalam
publikasi ini.Publikasi ini terwujud
berkat kerja sama yang baik antar unit kerja terkait. Kami berharap publikasi
ini dapat bermanfaat untuk memperbaiki kualitas data dan kinerja pelayanan BPS.
Saran dan masukan yang membangun sangat kami harapkan untuk perbaikan ke depan.
Terima kasih dan selamat membaca.